skip to main | skip to sidebar

Saturday, February 9, 2013

[Tips Cepat Hamil] Periksakan Kondisi Kesehatan Anda dan Pasangan Anda

Tips cepat hamil - Kehamilan adalah yang paling ditunggu-ditunggu setiap pasangan yang baru menikah maupun pasangan yang telah lama menikah tapi belum dikaruniai anak. Kehadiran seorang anak adalah pelengkap sebuah keluarga, tanpa hadirnya anak-anak yang lucu dan menggemaskan sebuah keluarga bisa menjadi hampa.

Bagi pasangan yang ingin cepat mendapatkan momongan kami memberikan tips-tips agar cepat hamil dalam beberapa artikel. Silakan disimak.

Periksakan Kondisi Kesehatan Anda dan Pasangan Anda

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan dan awal kehamilan ke dokter kandungan (preconception checkup) yang mencakup kesehatan tubuh, sistem reproduksi, tingkat kesuburan dan hal-hal penting lainnya. Baik anda maupun suami anda baiknya memeriksakan diri anda ke dokter. Karena yang umum terjadi dalam masyarakat adalah istri adalah pihak yang paling bertanggung jawab/menjadi faktor penting dalam proses kehamilan.

Padahal kedua pasangan baik suami dan istri memiliki peran yang sama penting dalam proses kehamilan yang sehat. Ada beberapa virus/penyakit yang dikhawatirkan bisa mengganggu proses kehamilan yang bisa saja dialami oleh suami bukan istri. Pemeriksaan suami istri ini menjadi modal penting dalam proses berhasilnya kehamilan.



Karena jika terdapat kendala seperti ada penyakit atau hal-hal lain yang mengganggu proses kehamilan, tentunya diperlukan perawatan dan pengobatan lebih lanjut. Jika setelah diperiksakan dan dinyatakan kondisi anda dan pasangan anda sehat, maka mungkin tips selanjutnya bisa bermanfaat untuk mempercepat kehamilan dan dapat anda lakukan.

Memiliki Pengetahuan Dasar Terjadinya Kehamilan

Pengetahuan dasar terjadinya kehamilan penting diketahui oleh pasangan suami isteri agar dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mendapatkan kehamilan yang diidamkan. Mengetahui jumlah sperma normal, kondisi serviks saat masa subur, berapa lama sperma mencapai sel telur dan sebagainya.

Mengetahui Jumlah Sperma Normal

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), pria yang hanya memiliki sperma kurang dari 20 juta sperma per milimeter air mani (semen), akan sulit melakukan pembuahan. Mengapa dibutuhkan jutaan sperma jika yang bisa membuahi hanya satu sel saja? Hal ini karena perjalanan dari vagina menuju ke tuba falopi untuk bertemu sel telur sangatlah sulit.

Jika setelah dilakukan pemeriksaan ternyata jumlah sperma anda kurang dair 20 juta sperma per milimeter air mani, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara meningkatkan jumlah dan kualitas sperma anda.

Kondisi Serviks Saat Masa Subur

Perubahan Cairan Serviks
Saat masa subur, cairan yang keluar di leher rahim mengalami perubahan. Jika dalam kondisi normal, cairan itu biasanya lengket dan bertekstur 'creamy' (kental). Namun saat masa subur (ovulasi) jumlah cairan akan lebih banyak, dan teksturnya lebih cair dengan warna yang bening.

Lendir yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar di leher rahim (serviks) ini saat diambil dan dipegang dengan dua jari maka bisa dilebarkan sekitar 10 cm tanpa putus. Adanya lendir ini memungkinkan sperma yang masuk dapat bertahan hidup sekitar 3-5 hari, menunggu matangnya sel telur (ovulasi). Indikasi lain dari masa subur adalah rasa nyeri di perut dan payudara.

Meningkatnya Hasrat Seksual
Saat masa subur hormon wanita bergejolak. Keadaan itu akan berujung pada meningkatnya hasrat seksual. Oleh karena itu, ini juga merupakan saat yang tepat untuk bercinta dengan suami.

Meningkatnya Temperatur Tubuh
Saat masa subur, wanita akan mengalami kenaikan temperatur tubuh. Hal itu disebabkan oleh munculnya hormon progesterone dalam tubuh saat masa-masa ovulasi.

Suhu basal tubuh meningkat setengah derajat dengan ditandai ketika bangun pagi sebelum beraktivitas suhu tubuh teraba agak hangat, namun bukan demam. Bila diukur menggunakan termometer oral, temperatur suhu tubuh yang biasanya sekitar 37 derajat Celcius, ketika masa subur akan terjadi kenaikan menjadi 37,5 derajat  Celcius.

Payudara Lebih Lunak
Produksi hormon yang cukup tinggi saat masa-masa ovulasi mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh, termasuk payudara. Umumnya di masa ovulasi, payudara wanita menjadi lebih lunak dan lembut.

Referensi
http://doktersehat.com/tips-cepat-hamil/
http://wolipop.detik.com/read/2012/07/09/121218/1960884/227/yuk-kenali-masa-subur-untuk-mempercepat-kehamilan
http://www.tabloid-nakita.com/read/482/kondisi-tubuh-saat-masa-subur
http://health.kompas.com/read/2010/09/20/15463264/Agar.Hamil.Butuh.Berapa.Sperma.
Gambar : http://www.ayahbunda.co.id

0 comments:

Post a Comment